Jumat, 05 Agustus 2011

7 HABITS OF HIGHLY INNOVATIVE PEOPLE








Apakah agan pernah melihat orang-orang super kreatif dan inovatif, dan merasa bahwa mereka adalah manusia spesial yang dikaruniai hadiah? Apakah agan merasa bahwa agan kurang beruntung? Ane yakin kita semua bisa menghubungkan saat-saat dimana kita merasa terjebak mencoba untuk masuk ke ruang kreativitas kita sendiri. Tahukah agan bahwa halangan ini hanya sebatas pikiran agan semata? Pikiran aganlah yang menciptakan segala macam asumsi, kendala diri (yang dipaksakan) dan pembatasan diri (self-limiting inhibitions). Tina Su (seorang Chief Happiness Officer) telah menemukan bahwa kita dapat menghapus asumsi ini hanya dengan "Start doing, and stop thinking." Berikut adalah 7 Habits of HIGHLY INNOVATIVE People yang telah ia kelompokan.
1. Persistence
Inovasi bukan hanya sekedar sebuah ide yang brilian namun perlu diiringi dengan keyakinan, kerja keras, dan fokus secara telaten (tekun). “Invention is 1% inspiration, 99% perspiration“, –Thomas A. Edison.

2. Remove Self-Limiting Inhibitions
Kita selalu merasa terbatasi dan stuck dibawah kekuasaan Inhibitions (rintangan). Namun kita harus berusaha untuk membebaskan pikiran kita dari belenggu asumsi-asumsi yang kita pun belum tahu hasilnya, itulah mengapa kita harus mengacu pada "think out of the box". Ingatlah! Innovation is more about psychology than intellect.

3. Take Risks, Make Mistakes
Ane jamin yang ini udah pasti sering masuk ke kuping agan-agan sekalian tapi yang mau ane tekanin disini adalah bahwa daripada kita memperlakukan kesalahan sebagai suatu kegagalan, mengapa tak diganti dengan suatu eksperimen? “I have not failed. I’ve just found 10,000 ways that won’t work.“ –Thomas A. Edison

4. Escape
Ingatlah bahwa ide-ide brilian kadang muncul disaat-saat yang tidak kita sadari. Sadarilah bahwa biasanya ide-ide ini muncul disaat kita sedang bersantai atau relax. Contoh yang paling sering adalah waktu kita sedang mandi. Namun pasti setiap orang memiliki "creative zone"nya sendiri-sendiri, sehingga carilah dari sekarang dan temukan ide-ide gila

5. Writing Things Down
Ide adalah suatu yang priceless, apalagi ide-ide gila namun brilian. Itulah sebabnya kita tak boleh lupa akan ide-ide gila yang baru saja melewati kepala kita. Tuliskanlah dari sekarang! (Kayak yang di tissue J.Co: "Don't lose your ideas, write it down here!")

6. Find Patterns & Create Combinations
Ingat dengan ATM? Kepanjangan dari Amati Tiru Modifikasi? Nah ATM berperan disini. Ide tak selalu berakar tunggal namun bisa menjadi serabut. Ini mengapa ide bisa datang dari ide! Layaknya Thomas Edison yang sebenarnya mengembangkan bola lampu dan bukan penciptanya.

7. Curiosity
Tanamkanlah rasa keingintahuan dari diri agan dan jadikanlah mencari solusi sebagai kesenangan dengan begini ide-ide inovatif dan brilian bisa datang dengan sendirinya


5 WAYS TO CREATIVE


1. Keep A Journal
Cobalah untuk menulis setiap ide, pemikiran, dan inspirasi yang lewat melalui pikiran kita.

2. Solve the Opposite Problem
Cobalah untuk merubah sudut pandang kita dalam mencari sebuah ide inovatif. Contohnya adalah ketika kita mau membuat "laptop dengan desain terbaik". Cobalah untuk brainstorming mengenai "laptop dengan desain terburuk". Dengan begitu pikiran kita lebih leluasa dan mampu menarik ide + dan - dari ide yang hendak kita ciptakan.
3. Find A Creative Environment
Sebuah tempat yang kondusif, nyaman, dan sejuk tentunya melancarkan pemikiran kita untuk menjadi lebih kreatif. Carilah tempat yang menurut agan menenangkan diri dan mampu meningkatkan konsentrasi.

4. Do Something Fun
Kalau agan sedang mengalami "kemandekan", berhentilah sejenak dan lakukanlah hal yang agan senangi (hobi). Kembalilah dengan pikiran yang fresh.

5. Partnering
Carilah seorang yang memiliki kreatifitas tinggi dan berpartnerlah. Ide-ide baru pun segera datang menemui kalian berdua!.....
Omnicide-kaskus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar