Jumat, 05 Agustus 2011

Marketing Sukses Faktor Penentu Penjualan




Menjadi Marketing Sukses (Sales Representatif) atau bidang usaha bisnis dan layanan jasa apapun, dibutuhkan communication skill, strategi marketing dan jam terbang yang tinggi (banyak pengalaman). Disamping itu, faktor penentu kesuksesan anda dalam menjual produk dagangan atau jasa layanan yang ditawarkan juga tergantung dari kesiapan dari beberapa komponen pendukung berikut ini…
Beberapa faktor penentu kesuksesan penjualan oleh marketing sukses antara lain sbb:
1. Penampilan, Kepribadian dan Kecakapan :
Penampilan fisik dan cara berpakaian yang serasi amat mempengaruhi kesan pertama orang (calon klien) dalam menilai anda. Jika sudah terpikat pada pandangan pertama, usahakanlah mengeksplorasikan kepribadian (inner beauty) anda secara positif. Kepribadian yang baik mencakup cara berbicara yang sopan, jelas, terarah dan to the poit. Jika lawan bicara anda sudah respect dan interest dengan sosok anda, mulailah keluarkan segenap kemampuan dan ide gila anda yang cukup briliant untuk mencarikan solusi yang tepat guna dan bermanfaat terhadap info bisnis produk dagangan atau layanan jasa yang anda tawarkan
2. Company’s Website
Untuk promosi dan pengenalan eksistensi serta akuntabilitas profil perusahaan anda, sebaiknya perusahaan dimana tempat anda bekerja sudah memiliki Company’s Website (situs perusahaan di Internet). Situs internet atau lebih kerennya website, adalah sarana komunikasi, info bisnis dan promosi publik paling global di jagat ini. Website perusahaan dapat meningkatkan citra positif perusahaan secara signifikan, dibandingkan perusahaan lainnya yang tidak memiliki company profile via website.
Jika akses internet di kantor anda begitu mudah (kalau belum, ya diminta saja!) buatlah Corporate E-mail dan Personal E-mail untuk sarana komunikasi. Lalu bergabunglah dengan forum jejaring publik via internet seperti: Facebook, Friendster, MySpace, Twitter, dlsb…
Strategi pemasaran (Marketing Strategy) via media internet merupakan hal mutlak di zaman globalisasi ini. Perusahaan percetakan contohnya,  yang hanya punya sedikit tenaga marketing (tim pemasaran), bisa jadi omzet penjualannya diatas beberapa level dibanding perusahaan percetakan yang punya banyak tenaga marketing, tetapi teknik pemasarannya malah terkesan memble…!
3. Sarana Promosional
Faktor penentu kesuksesan penjualan atau sarana penunjang lainnya supaya anda dengan mudah menjadi marketing sukses adalah sarana promosional: selalu membawa bundel Company Profile (Booklet Profil Perusahaan), Brosur/Leaflet, Sticker, Poster, Contoh Produk Jualan,  Daftar Harga Barang Dagangan, dan Referensi Konsumen yang pernah membeli atau memakai Layanan Jasa Usaha anda untuk bekal info bisnis perusahaan anda
4. Peralatan Kantor
a. Komputer dan Printer untuk Desain, Koneksi Internet, Keperluan Administrasi dan Dokumentasi, dsb.
b. Laptop (Notebook) untuk presentasi di luar kantor. Laptop juga membantu mengangkat citra anda dimata calon klien sebagai orang yang lebih profesional, walau cuma dipakai hanya untuk Facebook-an doang… :p
5. Pelengkap Identitas Perusahaan
Pakailah selalu Name Tag / ID Card perusahaan anda dan jangan malu memakainya walau skala usaha kantor anda masih tergolong kelas teri. Dengan memakai ID Card kantor, itu adalah jaminan formal bahwa anda resmi mewakili perusahaan anda. Jangan lupa, bawalah Kartu Nama secukupnya sebagai sarana info bisnis utk anda bagikan di tempat tujuan presentasi anda. Tak kalah pentingnya, bawa juga Form Order (Purchase Order), Kwitansi, Tanda Terima dan Stempel Resmi Perusahaan untuk menjaga kemungkinan anda berhasil menggaet order pemesanan dari hasil presentasi anda di tempat klien
6. PERSONAL Communicators :
Bagi seorang marketing handal dan sukses, alat komunikasi pribadi seperti Handphone, Ipad atau Blackberry bukanlah hal aneh lagi. Media komunikasi ini sudah menjadi kebutuhan dasar jika anda ingin menjadi seorang tenaga marketing yang sukses. Bukannya menganjurkan harus memakai HP Blackberry baru yang canggih tsb, tapi setidaknya jika anda sudah dianggap sebagai marketing yang handal oleh atasan anda, bukan tidak mungkin pihak perusahaan akan rela memberi fasilitas seperti tsb diatas…
7. Kendaraan Operasional :
Nah ini yang penting banget untuk seorang marketing unggulan dan sukses seperti anda: kendaraaan operasional seperti motor atau mobil. Jika kebetulan anda sudah punya mobil atau motor pribadi, tapi (maaf!) jika kendaraan pribadi anda kurang layak untuk bertandang ke tempat presentasi, minta saja sama kantor. Masak sih perusahaan tidak mau memberi fasilitas kendaraan yang layak dan pantas demi tujuan memperoleh job-order yang gede? Anda bisa menganut pepatah ini: Jika ingin mendapat hasil tangkapan sekelas kakap, janganlah memancing dengan umpan sekecil teri…
Itulah diantaranya faktor penentu yang bisa menjadikan anda sebagai marketing sukses dan handal dalam meningkatkan target penjualan. Jika anda belum mendapat fasilitas atau sarana penunjang seperti diatas, ya KELUAR SAJA (resign!) dari kantor anda saat ini.
Tunggu apalagi…?!? Berarti anda tidak dianggap sebagai seorang marketing yang sukses dengan target penjualan anda oleh perusahaan anda atau anda memang hanya ingin bekerja sebagai penerima gaji tetap saja setiap bulannya, tanpa mau capek dan susah mendapat order…?!? Atau juga strategi marketing anda yang masih mandul…?!?
Gak tau dech… :p

Diterjemahkan dari: www.chabelita.biz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar